ETFP Workshop Sebagai Fasilitasi Pembukaan dan Pengembangan Akses ke Pasar Global

Direktorat Akses Sumber Daya Industri & Promosi Internasional menyelenggarakan Effective Trade Fair Participation Workshop pada 10 Oktober 2017 bertempat di Ruang Rajawali, Kementerian Perindustrian. Sebagai bagian dari implementasi program Fasilitasi Pembukaan dan Pengembangan Akses Pasar Manufaktur ke Pasar Global, workshop bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pelaku industri lokal serta aparatur Pembina industri mengenai tools dan skills yang dibutuhkan dalam keikutsertaan pada pameran internasional; serta tentang perencanaan ekspor dan persyaratan pasar.

Dalam workshop, (Swiss Import Promotion Program) SIPPO Indonesia Country Representative Aris Darujo menyampaikan materi mengenai partisipasi efektif dalam pameran internasional. Sebelum mengikuti pameran internasional, pelaku usaha harus memahami dengan baik produk yang dibuat (fitur, manfaat), pengetahuan terkait ekspor (prosedur, struktur harga, pembayaran, shipment), pasar yang dituju (tren, selera, pameran yang akan diikuti), termasuk juga identifikasi calon pelanggan (potential buyer). Saat pameran berlangsung, selain melakukan inbound marketing (via pre-arranged meeting), exhibitor juga didorong melakukan outbound marketing (pertemuan dengan exhibitor lainnya) untuk menjaring potential buyer. Sebelum dan sesudah pameran, exhibitor juga dapat melakukan kunjungan ke potential buyer untuk mengidentifikasi kebutuhan buyer serta memperoleh masukan atas produk yang dipromosikan.

Penjajakan pasar ekspor membutuhkan perencanaan yang matang. Perencanaan dimaksud, sebagaimana disampaikan Local expert Center for the Promotion of Imports from Developing Countries (CBI) Belanda Dika Rinakuki, diawali dengan perumusan visi dan misi pelaku IKM yang diikuti dengan proses audit ekspor serta penyusunan strategi market entry.

Pada kesempatan workshop, perwakilan SIPPO Indonesia juga mempresentasikan peluang promosi produk organik pada pameran BIOFACH 2018 yang akan berlangsung 15-18 Februari 2017 di Nuremberg, Jerman. BIOFACH 2018 sangat menarik karena hampir 90% dari pengunjungnya merupakan pengambil keputusan terkait buying/sourcing.

Effective Fair Trade Participation Workshop dan Export Marketing Plan merupakan bagian dari Export Coaching Program (Program Pendampingan Ekspor) yang difasilitasi Ditjen KPAII untuk membantu pelaku IKM mencapai strategi pertumbuhan melalui pasar ekspor.



Leave a Reply

4 × four =