PROGRAM PENDAMPINGAN EKSPOR PRODUK INDUSTRI (EXPORT PROJECT NATURAL INGREDIENTS INDONESIA)

PROGRAM PENDAMPINGAN EKSPOR PRODUK INDUSTRI

Sebagai bentuk dukungan peningkatan ekspor produk industri khususnya pelaku industri kecil dan menengah, Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Ketahanan Perwilayahan dan Akses Industri Internasional  mengadakan Program Pendampingan Ekspor Produk Industri khususnya pada sektor Natural Ingredients (Ekspor Project Natural Ingredient Indonesia) yang akan menyasar pasar kosmetik dan makanan (suplemen) di Eropa.

Program tersebut berisikan, antara lain:

  • Akses kepada EU Market Information
  • Pemahaman terkait regulasi di EU
  • Pendampingan/ Coaching dalam rangka penyiapan akses ke pasar
  • Matchmaking events
  • Guidance untuk memenuhi persyaratan pasar/ sertifikasi

 

 

 

 

 

 


Kesepakatan Kerjasama Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Belanda

Terkait dengan pelaksanaan program tersebut, Republik Indonesia dan Kerajaan Belanda telah mengadakan kesepakatan untuk bekerja sama dalam program Ekspor Project Natural Ingredient Indonesia yang telah dituangkan melalui penandatananan Nota Kesepahaman (MoU) antara Kementerian Perindustrian RI dengan the Center for the Promotion of Imports from Developing Countries (CBI), yang merupakan badan di bawah Kementerian Luar Negeri Belanda.

MoU tersebut ditandatangani oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin Restu Yuni Widayati bersama Wakil Duta Besar Kerajaan Belanda untuk Indonesia, Ferdinand Lahnstein yang mewakili pihak CBI Belanda. Kegiatan ini dilaksanakan pada 17 Mei 2019 di Kemenperin, Jakarta.

MoU ini akan berlaku selama lima tahun (2019–2023) dan fokus pada kelompok produk natural ingredients (seaweed extractsessential oils, dan plant extracts) yang akan menyasar pasar kosmetik dan makanan (suplemen) di Eropa. 


 


Mari Bergabung !

Bila Anda tertarik dan memenuhi persyaratan yaitu:

  • Masuk dalam kategori Industri Kecil dan Menengah dengan jumlah pekerja minimal 5 orang dan maksimal 250 orang.
  • Memiliki ambisi kuat untuk mengembangkan pasar ekspor khususnya ke EU dan bersedia mematuhi ketentuan terkait sosial dan lingkungan hidup;
  • Memproduksi produk  essential oils, botanical extracts or seaweed extracts;
  • Memiliki pengalaman pada industri natural ingredients
  • Tidak terkena larangan atau pembatasan ekspor khususnya ke EU

Segera lakukan registrasi online, dan silahkan untuk hadir pada Promotion Event for detail information: