KNEKS Mengadakan Sayembara Brand Ekonomi Syariah 2020


Di tengah pandemic COVID-19 saat ini, Bank Indonesia tetap mengadakan rangkaian acara Indonesia Sharia Economic Forum (ISEF) ke-7 secara virtual dengan memanfaatkan teknologi digital. ISEF 2020 kali ini mengangkat tema “Mutual Empowerment in Accelerating Sharia Economic Growth through Promoting Halal Industries for Global Prosperity”. Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo dalam sambutannya menyatakan bahwa di tengah upaya mendorong pemulihan ekonomi nasional imbas dari pandemic COVID-19, penyelenggaraan rangkaian ISEF 2020 diharapkan dapat membangkitkan spirit positif dan optimisme bagi pelaku usaha, khususnya pelaku usaha syariah. Sejak diselenggarakan untuk pertama kali di tahun 2014, ISEF telah berevolusi secara cepat menjadi suatu event internasional yang dapat membanggakan Indonesia sebagai kiblat dunia dalam pemanfaatan ekonomi dan keuangan syariah. Selain itu juga menjadi platform bersama untuk bersinergi memacu ekonomi dan keuangan syariah global. ISEF 2020 diselenggarakan sejak 7 Agustus dan akan mencapai acara puncaknya pada 27 – 31 Oktober 2020.

Rangkaian acara ISEF 2020 sendiri terdiri dari 22 serial discussion melalui webinar, 500 exhibition, 7 business matching, dan 8 business coaching, silahturami nasional, dialog pemberdayaan ekonomi dan usaha pesantren termasuk pelaksanaan festival ekonomi syariah (fesyar) di 3 Provinsi, yaitu Nusa Tenggara Barat, Sumatera Barat dan Jawa Timur serta pelaksanaan kompetisi nasional dan 10 international showcase. Selain itu, berbagai pertemuan internasional juga akan dilaksanakan, antara lain International Contemporary Fiqih Conference bersama DSN-MUI dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Mesir, Islamic Digital Economy Conference bersama SESRIC-OIC, serta International Halal Lifestyle Conference. Untuk ke depannya, upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang dilakukan oleh Bank Indonesia sebagai bagian dari upaya nasional, tetap akan difokuskan dengan pendekatan ekosistem yang terintegrasi untuk mendukung program kerja yang telah terkoordinasi pada Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

Salah satu highlight dari rangkaian acara ini adalah Kompetisi Brand Ekonomi Syariah. Kompetisi Branding Ekonomi Syariah ini bisa diikuti secara perorangan atau perusahaan sepanjang memenuhi seluruh persyaratan administrasi. Informasi terkait tahapan teknis untuk peserta dapat diunduh melalui website ISEF atau dengan melihat infografis yang tertera. Pendaftaran telah dibuka mulai tanggal 25 Agustus 2020 melalui website ISEF. Peserta dapat membuat karya yang dikumpulkan maksimal pada 27 September 2020 melalui pengisian form di website ISEF. Adapun pengumuman pemenang melalui Website dan Media Sosial KNEKS pada tanggal 12 Oktober 2020.

Informasi pendaftaran dan agenda kegiatan lebih lanjut dapat diakses melalui Website ISEF (SR/AP)



Leave a Reply

11 + eleven =