Partisipasi Kementerian Perindustrian dalam The 69th Ambiente 2018

Ambiente 2018 sebagai salah satu pameran consumer goods terkemuka dunia di bidang home decoration and textiles digelar pada 9 – 13  Februari 2018 di Frankfurt, Jerman.  Tahun 2018 menandai penyelenggaraan ke-69 Ambiente sejak pertama kali di gelar pada tahun 1949. Berbagai produk dari Dining, Giving dan Living area ditampilkan dalam pameran. Pada tahun ini, 4.441 exhibitors dari 89 negara menampilkan ide produk terbarunya, dan lebih dari 140.963 pengunjung dari 154 negara hadir di Ambiente 2018

Total peserta pameran dari Indonesia mencapai 53 perusahaan yang menempati 43 stand mandiri, 6 stand gabungan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), 3 stand gabungan Centre for the Promotion of Imports from Developing Countries (CBI), dan 1 stand di area “Talents”. Untuk tahun 2018 ini, partisipasi Kemenperin (Ditjen IKM) merupakan yang ke-11 kalinya. Paviliun Indonesia menempati area seluas 60 m­­­2 dan diisi oleh 6 (enam) pelaku IKM yang menampilkan  produk home décor kerajinan kayu, kerajinan batu ornamen, kerajinan logam, dan kerajinan anyaman rotan.

Sebelum pelaksanaan pameran, para pelaku IKM, melalui Direktorat Jenderal Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional (Ditjen KPAII) dan CBI Kementerian Luar Negeri Belanda, difasilitasi dengan pendampingan tentang market intelligence dan bagaimana menghadapi potential buyers. Persiapan yang matang dan komprehensif sangat penting agar keikutsertaan dalam pameran memberikan hasil yang optimal.

Peluang Indonesia untuk bersaing cukup baik yang terlihat dari minat buyer terhadap produk-produk dari para IKM terutama untuk produk wooden furniture, rotan, bambu, dan keramik. Pameran Ambiente merupakan event yang sangat tepat untuk mempromosikan produk home decor Indonesia ke pasar global dan Eropa pada khususnya.



Leave a Reply

four × two =