PELATIHAN PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN EKSPOR PRODUK INDUSTRI

Direktorat Akses Sumber Daya Industri dan Promosi Internasional (Dit.ASDIPI) mengundang pelaku industri kecil menengah untuk mengikuti  “Pelatihan Perencanaan Pengembangan Ekspor Produk Industri” yang akan diselenggarakan di beberapa tempat (silakan Bapak/Ibu mendaftar sesuai dengan domisili terdekat), sebagai berikut:

Pelaksanaan Workshop Perdana 18-20 Maret Bekasi
Pelaksanaan Workshop ke-2 26-28  Maret Bandar Lampung
Pelaksanaan Workshop ke-3 22-24 April Bogor
Pelaksanaan Workshop ke-4  3-5 Juli Semarang
Pelaksanaan Workshop ke-5 15-17 Juli Denpasar
Pelaksanaan Workshop ke-6 31 Jul – 2 Agustus Yogyakarta

Workshop ini bertujuan untuk mendorong pelaku industri agar memiliki orientasi ekspor dengan memberikan edukasi dalam bentuk peningkatan kapasitas untuk membuat perencanaan ekspor (Export Marketing Plan).

Setelah mengikuti workshop ini, peserta diharapkan dapat memperoleh output sebagai berikut:

  • Dapat mengidentifikasi Strength, Weakness, Opportunity, Threats, (SWOT) perusahaan
  • Dapat mengidentifikasi target pasar
  • Dapat melakukan riset pasar secara mandiri
  • Dapat menyusun strategi untuk memasuki pasar tujuan ekspor
  • Dapat menyusun perencanaan ekspor secara mandiri

PERSYARATAN

  • Pelaku industri kecil dan menengah
  • Berminat untuk melakukan eskpor
  • Melakukan Registrasi

BIAYA PELATIHAN 

Tidak dipungut biaya.

MATERI PELATIHAN

  1. Dukungan Kementerian Perindustrian dalam rangka Peningkatan Ekspor
  2. Pentingnya Perencanaan Ekspor Produk Industri
  3. Pembahasan Modul

Langkah 1: Identifikasi Perusahaan/SWOT Analysis)

  1. Strategic Profile
  2. Company’s Key Strengths / Core Competencies
  3. Company’s Key Weaknesses / Issues to be Addressed
  4. Latihan SWOT Analysis

Langkah 2: Market Audit

  1. Mengenal Target Pasar: Identifikasi 3 Target Pasar Utama
  2. Market Research
  3. Market Opportunities
  4. Market Threats
  5. In-depth Analysis Target Markets

Langkah 3: Market Requirements (Tools)

Market Requirements – Sertifikasi

Langkah 4 : Strategi Memasuki Pasar Tujuan Ekspor (Market Entry Strategy)

Langkah 5 : Penyusunan Perencanaan Ekspor

Registrasi Pelatihan Perencanaan dan Pengembangan Ekspor Produk Industri ini telah ditutup. Tim Kurasi/Panitia akan akan melakukan review atas program dan calon peserta yang telah melakukan registrasi.

Peserta yang terpilih akan dihubungi via email. Terima kasih.

 


Comments are closed.