PELATIHAN PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN EKSPOR PRODUK INDUSTRI

Sebagai unit yang memiliki pengalaman dalam melakukan program pendampingan ekspor  kepada pelaku industri kecil dan menengah, Direktorat Jenderal Ketahanan Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) pada tahun 2019 mendapatkan mandat untuk turut berpartisipasi menyukseskan program Pengembangan Kompetensi SDM Industri khususnya yang terkait dengan program peningkatan ekspor para pelaku industri kecil dan menengah dalam bentuk elatihan Perencanaan Ekspor Produk Industri (PEPI).

PEPI merupakan bagian dari disain besar dari peningkatan kapasitas pelaku industri ke pasar global, dan diyakini merupakan prasyarat bagi setiap perusahaan untuk melangkah mengakses pasar global termasuk dalam hal ini global supply chain. Kementerian Perindustrian khususnya Ditjen KPAII telah memiliki pengalaman yang panjang bersama dengan CBI Kementerian Luar Negeri Belanda, semenjak 2013, untuk menjalankan Export Coaching Program dengan menjadikan export marketing plan/PEPI sebagai prasyarat yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan.

Dalan pelatihan PEPI, peserta para pelaku industri kecil dan menengah akan mengikuti empat tahapan pelatihan dilengkapi Modul yang disusun khusus dengan cakupan materi: Audit Kesiapan Ekspor; Audit Pasar; Penentuan Strategi; dan Penyusunan Perencanaan Ekspor.

Di tahun 2019, pelatihan PEPI mentarget 500 IKM yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia yang mencakup berbagai sektor Industri. Sampai dengan bulan April 2019, dari 10 (sepuluh) rencana pelaksanaan PEPI, telah dilaksanakan 3 (tiga) pelatihan yaitu: Bekasi (18-20 Maret); Bandar Lampung (26-28 Maret); dan Bogor (22-24 April). Terkait dengan proses penyebaran informasi pelatihan, dan pendaftaran/rekrutmen peserta dilakukan secara terbuka melalui situs ini yaitu http://pameranln.kemenperin.go.id/ dan sampai saat ini telah tercatat sebanyak 2.300 (dua ribu tiga ratus) peminat dan melakukan register online. Sebagai informasi Kegiatan PEPI di Semarang, dan PEPI di Yogyakarta pada Juli pendaftaran telah ditutup.

Mari Bergabung !

Bila Anda tertarik dan memenuhi persyaratan :

  • Masuk dalam kategori industri kecil dan menengah (memiliki izin usaha industri diutamakan)
  • Memiliki ambisi kuat untuk mengembangkan pasar ekspor
  • Memproduksi produk olahan/ manufaktur

Segera lakukan registrasi online,  Panitia Kegiatan/Kurasi akan melakukan review calon peserta yang telah melakukan registrasi. Perhatikan batas waktu pendaftaran pada setiap lokasi. Peserta yang terpilih akan dihubungi via email. 

Pelatihan Perencanaan Ekspor Produk Industri di Bekasi, 18-20 Februari 2019
Pelatihan Perencanaan Ekspor Produk Industri di Lampung, 26-28 Maret 2019
Pelatihan Perencanaan Ekspor Produk Industri di Bogor, 22-24 April 2019

 


 


Comments are closed.